Ingin Jadi Agen Pusla ?....Klik di Sini !

Hallooo....Kawan Selamat Datang di Blog Kami!

SCRIPT CHATTING DI SINI
[+] [x]

Minggu, 08 Juli 2012

Home » » Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP

Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP

Profesi guru pada masa lampau diapandang sebagai pegawai negeri yang paling enak karena memiliki hari libur yang panjang , setidaknya dua kali dalam satu tahun yaitu akhir semester gasal pada bulan Desember dan akhir semester genap pada bulan juni -juli .Anggapan ini tidak sepenuhnya benar karena ternyata tugas profesi guru tidak hanya dituntut masuk dinas sebagai mana jam kerja pagawai yang lain yaitu masuk pukul 07.00 s.d 14.00 , selesai pulang tanpa beban . Namun jam dinas yang dibebankan kepada guru 6 hari kerja per minggu masuk pukul 07.00 s.d. pukul 14.00 ini baru sebagaian pelaksanaan tugas guru yaitu tugas mengajar  di kelas yang sekurang-kurangnya 24 jam pelajaran per minggu , kurang lebih 4 s.d 5 jam pelajaran per hari. Tugas mengajar guru berakhir pukul 12.30 , sisa waktu satu setengah jam hingga pukul 14.00 . tidak cukup untuk menyelesaikan pekerjaan administrasi yang begitu banyak .Dengan sisa tenaga sehabis mengajar di kelas seorang guru paling-paling hanya dapat mengoreksi tugas atau ulangan saja .Apa lagi bagi guru yang memiliki tugas tambahan wali kelas , urusan kesiswaan ataupun urusan-urusan yang lain.Bahkan bagi guru yang berdomisili jauh dari sekolah tempat bekerja dan melaju ,maka biasanya pekerjaan akan dibawa pulang .Di rumah guru harus pandai-pandai membagi waktu untuk menyelesaikan tugas administrasi dengan kepentingan pribadi di keluarga.Itulah sebabnya sering pekerjaan menjadi terabaikan karena kesibukan di rumah dan masyarakat.

Keberhasilan Pembelajaran seorang guru ditentukan oleh banyak faktor ,selain faktor guru dan siswa serta sarana , faktor yang penting adalah proses pembelajaran itu sendiri . Proses pembelajaran akan berhasil jika direncanakan dengan baik , dilaksanakan dalam proses yang baik pula ,dengan materi dan sarana yang memadai , mendapatkan hasil yang terukur dan dilakukan evaluasi dan tindak lanjut untuk mendapatkan peningkatan. Dalam semua proses pembelajaran ini dipewrlukan adanya perangkat pembelajaran .
Perangkat pembelajaran dimaksud berupa administrasi pembelajaran yang meliputi : Silabus , Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) , Materi Bahan Ajar , Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) , Alat evaluasi ( materi tugas , soal tes ) .
Bagi guru biasanya di tengah-tengah waktu libur akhir semester digunakan untuk mebuat persiapan pembelajaran ,disamping masih banyak tugas lain .Persiapan pembagian tugas tahun pelajaran baru , Penerimaan Peserta didik baru ( PPDB ) ,Bagi guru yang tidak punya pekerjaan tambahan di rumah ini akan dirasakan biasa-biasa saja .Namun bagi guru yang mempunyai banyak urusan pekerjaan di rumah ,masyarakat tentu akan dirasakan sebagai beban . 

Pada postingan ini saya bermaksud untuk sharing dan berbagi perangkat pembelajaran yang telak kami susun berdasarkan kurikulum KTSP yang berkarakter. Bagi teman-teman guru yang membutuhkan silakan dapat didownloud di bawah ini .
Silabus 
Silabus Bahasa Indonesia SMP kelas 9 semester2

RPP
RPP Bahasa Indonesia SMP kelas 7 semester 1
RPP Bahasa Indonesia SMP kelas 7 semester 2
RPP Bahasa Indonesia SMP kelas 8 semester 1
RPP Bahasa Indonesia SMP kelas 8 semester 2
RPP Bahasa Indonesia SMP kelas 9 semester 1
RPP Bahasa Indonesia SMP kelas 9 semester 2

Materi Bahan Ajar Power Point
Menentukan fakta dan Opini
Kata baku dan tidak baku
Kalimat aktif -pasif ,langsung-tak langsung
Kata hipernim- hiponim
Jenis Karangan-langkah-langkah mengarang
Kalimat berita negatif
Kata ulang
Makna denotasi-konotasi
Menulis Memo-surat
Kata Kajian- kata populer
Majas Perbandingan
Menyusun Karya Tulis
Kalimat Petunjuk tertulis
Paragraf induktif
Poter - slogan- iklan
Ungkapan - peribahasa
Informasi tabel-bagan-diagram
Menulis Resensi buku
Menulis teks pidato
Menganalisis unsusr-unsur syair







Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service