Ingin Jadi Agen Pusla ?....Klik di Sini !

Hallooo....Kawan Selamat Datang di Blog Kami!

SCRIPT CHATTING DI SINI
[+] [x]

Senin, 19 April 2010

Home » » “MENDONGENG “ CARA YANG TEPAT MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK

“MENDONGENG “ CARA YANG TEPAT MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK


Dipostingkan oleh : Bambang Darwono





Dunia dongeng adalah dunia yang penuh dengan imajinasi. Bagi anak-anak, dongeng adalah hal yang mengasyikkan. Dunia dongeng ini biasa hadir ketika malam mulai menyelimuti dan dongeng menjadi pengantar tidur bagi mereka. Pengaruh dongeng sangat besar bagi perkembangan anak-anak. Biasanya dalam tubuh dongeng terkandung pendidikan-pendidikan moral, anak-anak akan belajar mengenal perbuatan yang baik dan perbuatan tidak baik. Jiwa dongeng akan masuk dalam imajinasi mereka sehingga mereka tahu bahwa perbuatan baiklah yang selalu menghasilkan kebahagiaan.
Dikalangan anak-anak, kegiatan mendongeng merupakan sesuatu yang sangat disukai dan dinanti-nanti. Dari kisah-kisah yang ada dalam dongeng tersebut anak akan mulai tertawa ketika ada hal yang lucu dan akan larut dalam kesedihan ketika mendengar kisah yang menyedihkan.
Selain itu dongeng mampu mencetak anak yang gemar membaca, berani berbicara, mampu mengungkapkan cerita dan bahkan mampu menciptakan dongeng-dongeng lainnya, itu semua karena hasil dari dongeng yang mereka dengar atau baca. Dari semua ini tentu tidak lepas dari peran orang tua sebagai orang terdekat bagi anak-anak. Namun, kendalalnya adalah ketika orang tua tidak memiliki dongeng atau bahkan tidak bisa mendongeng. Namun, sebagai orang tua juga perlu berhati-hatilah dalam memilih suatu kisah atau dongeng. Sebab, tidak semua cerita dapat memberikan manfaat kepada anak.
Dunia dongeng bukan hanya penting bagi anak-anak. Sejatinya, dongeng juga sangat penting bagi semua orang. Dalam tubuh dongeng penuh dengan ide-ide yang menarik , imajinasi yang menawan, cerita yang menakjubkan dan pelajaran yang luar biasa besar jika dongeng tersebut benar-benar kita selami.

Dongeng dapat dijadikan sebagai cara pemrograman pribadi anak melalui rangsangan otak bawah sadar jika direncanakan dengan baik dan didongengkan pada saat yamg tepat .Melalui dongeng dapat ditanamkan hal-hal baik dalam diri anak. Anak belajar untuk menghormati orang tuanya, saudaranya, temannya dan setiap orang di sekeliling mereka. Selain sebagai pengantar tidur, mendongeng juga bisa dilakukan pada saat kumpul keluarga, saat santai bahkan bagi guru TK dongeng bisa menjadi sebuah alternative metode pembelajaran anak. Dari mendongeng anak pun akan menikmati belajar di dalam ruang maupun di luar kelas. Ini semua bisa menambah keakraban dan keharmonisan baik keluarga maupun guru dan siswanya.
Dunia dongeng merupakan dunia yang fantastis dan penuh dengan warna warni kehidupan. Menghidupkan kisah dengan mendongeng akan menciptakan nuansa tersendiri khususnya bagi anak-anak. Pendongeng yang baik adalah pendongeng yang mampu menyelami jiwa dari kisah dongeng itu sendiri. selamat mendongeng. Ciptakan imajinasi yang bermanfaat bagi kehidupan.
Sumber :Psikologi Pendidikan ( Oleh Sri Esti. W Djiwandon )

Tidak ada komentar:

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service